Bandar Lampung – Yayasan Prasetya Mandiri meresmikan Institute Maritim Prasetya Mandiri sekaligus melantik Dr Ir Marcus Alberth Talahatu sebagai rektor dari IMPM.

Hadirnya IMPM ini menjadi institut maritim satu-satunya yang ada di provinsi Lampung. Dengan harapan, lulusan dari IMPM ini bisa memajuka wilayah kemaritiman yang ada di provinsi Lampung.

“Kampus ini menjadi yang pertama di Lampung, bahkan satu-satunya kampus maritim di Sumatera yang memilki 2 kapal,” kata Ketua Yayasan Prasetiya Mandiri, Dr Suheriyatmono saat memberikan sambutan pada, Sabtu (20/3) di Aula IMPM.

Saat ini, IMPM memilki 3 prodi S1 yakni, Teknik Perkapalan, Akutansi, dan Manajemen.

Selain tingkat S1, IMPM memiliki tujuh prodi pada program D3 yakni, Akutansi, Perpajakan, Budidaya Perairan, KPNK, Teknik Otomotif, Teknik Sipil, dan Teknik Elektronika.

Dr Ir Marcus Alberth Talahatu menegaskan, pihaknya telah mempunyai misi untuk membangun sumberdaya manusia di Lampung dan Indonesia pada umumnya agar lebih berkompeten dan mampu bersaing dalam hal kemaritiman.

“Kami akan masih akan meningkatkan program yang masih D3 menjadi sarjana terapan atau D4. Ini sudah kami ajukan ke Kementerian,” tegasnya.

Ia pun berharap peran serta pemerintah dalam memberi dukungan untuk pengembangan ilmu kemaritiman. Salah satunyanya adalah memberikan akses untuk menggunakan pulau-pulau yang tak berpenghuni sebagai laboratorium.

“Itu kan bagus jadi laboratorium (outdoor) luar. Kalau di kampus kan beda lagi,” tukasnya.

Leave a Comment